YSKB TUNAS BANGSA 2014

AKSI NATAL YAYASAN SENTUHAN KASIH BANGSA (YSKB) 2014

 TUNAS BANGSA”

Makan Bersama 2000 orang

 Seruan :

Aksi sosial dilakukan bukan  karena mereka telah berbuat baik kepada kita, tetapi karena Tuhan yang terlebih dahulu mengasihi kita, sehingga kita seharusnya meneladaniNya dengan membuka tangan lebar-lebar bagi kaum tertindas dan miskin di negeri kita.

 Salah satu Aksi Natal  yang dilakukan YSKB bersama GMS di tahun 2014 ini adalah “TUNAS BANGSA”.  Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 13 Desember 2014 di PPAL- Kenjeran, mulai pukul 10 sampai pukul 16.   Dihadiri kurang lebih 2000 orang,  yang terdiri dari 900 murid SD kelas 1 s/d 6, 900 orang tua murid dan 55 guru dan staf pengajar yang berasal dari SD Tambak Wedi dan SD Kompleks Kenjeran 2, acara ini berlangsung dengan tertib.

 90 unit bemo disewa oleh pihak YSKB untuk mengangkut mereka dari sekolah masing-masing menuju Gedung PPAL.  Mereka tiba lebih awal 1 jam dari jadwal yang ditentukan, membuktikan rasa antusias yang besar terhadap acara ini. Sementara para panitia sibuk menyiapkan makanan yang akan dibagikan,   anak-anak dan orangtua mereka mengantri dengan tertib di 3  pintu masuk gedung yang telah dibuka, dimana mereka akan menerima makanan yang telah disiapkan. Tak perlu waktu yang lama, antrian diberikan makanan dan dengan tertib pula mereka masuk ke dalam gedung menuju kursi-kursi yang telah disediakan.  Kegembiraan jelas terpancar dari wajah mereka yang polos. Sambil menyantap makanan, mereka disuguhi beberapa penampilan tarian dari perwakilan sekolah masing-masing. Selesai makan, acara dilanjutkan dengan permainan yang dipandu oleh 2 orang MC. Sementara itu,  pada kesempatan wawancara dengan pihak pers, Bapak Lianggono TB- ketua YSKB menyatakan bahwa,”acara ini diberikan tema Tunas Bangsa karena  disesuaikan dengan usia anak-anak SD sebagai generasi muda. Dan dalam usia pertumbuhan mereka sangat penting untuk diperhatikan perkembangannya terutama dalam segi kecukupan nutrisi dan kesehatan. Mereka adalah generasi penerus yang harus hidup lebih baik dari hari ini, dan harus siap menerima tugas sebagai generasi penerus bangsa di masa depan”.

 Komunitas dari 2 Sekolah Dasar yang diundang ini adalah bagian dari program “Bedah Komunitas” yang sedang dikerjakan oleh YSKB.  Seperti diketahui bahwa mulai tahun ini, YSKB (Yayasan Sentuhan Kasih Bangsa) yang berafiliasi dengan GMS  (Gereja Mawar Sharon)mengangkat Tema “BEDAH KOMUNITAS” sebagai tema besar dari rangkaian kegiatan Aksi Natal yang dilakukan sepanjang bulan Desember 2014.Tema ini dipilih setelah melihat dan mempelajari kondisi gaya hidup komunitas masyarakat  yang cenderung egosentris atau memperhatikan kepentingan dirinya sendiri, yang telah membuat jurang perbedaan antara golongan yang mampu dengan yang tidak mampu semakin melebar. Mereka yang kurang mampu semakin tidak terperhatikan dan terabaikan, sehingga kurang mendapatkan kesempatan untuk meraih kehidupan yang lebih baik.  Hidup mereka tidak pernah beranjak dari kemiskinan, dan malangnya telah berlangsung dari generasi ke generasi. Sehingga YSKB berusaha mewujudkan perhatian dan kasih kepada mereka yang membutuhkan dengan harapan agar generasi penerus segera terbebas dari kondisi sekarang ini.

 Murid-murid yang menghadiri “Tunas Bangsa” ini berasal dari keluarga-keluarga nelayan miskin yang berpenghasilan tidak menentu. Hal ini menyebabkan mereka tidak punya banyak pilihan dalam memilih bahan makanan, dan faktor gizi terpaksa menempati urutan terakhir. Bagi mereka, asal kenyang dan bisa hidup untuk hari ini cukuplah. Selain itu, mereka juga dipilih karena sebelumnya sudah ada kerjasama antara pihak sekolah dengan YSKB. “Dengan acara-acara yang dilakukan secara konsisten dari waktu ke waktu, diharapkan ada suatu tolak ukur yang akan menggambarkan tingkat perubahan kehidupan dari komunitas mereka”, demikian ditambahkan oleh Bapak Lianggono.

 Untuk melengkapi tujuan acara, para ibu di-edukasi melalui sesi Penyuluhan Gizi dari Dinas Kesehatan. Petugas menjelaskan bagaimana gizi sangat berpengaruh bagi tumbuh kembang anak-anak, dan ditunjukkan juga beberapa contoh jenis makanan sehat yang dianjurkan, serta cara pengolahan yang bersih dan sehat. Sementara anak-anak bermain diluar gedung  secara berkelompok, para ibu mendengarkan penyuluhan dengan serius.  Demo masak oleh Chef Ken mengakhiri acara ini dengan sukses. Puji Tuhan.

 

Surabaya, 16  Desember 2014

News Source : Juely | email: juely28@gmail.com | mobile: 0812-5262-5228.



Dipublikasikan di http://yskb.org/index.php?p=news&action=shownews&pid=128 pada tanggal 14 Desember 2014